Sehari Bersama Asma Nadia

 Kiat Menyusun Penulisan Yang Menarik

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Artikel saya kali ini akan membahas kegiatan PembaTIK level 4 tahun 2020.
 
Sahabat blogger,  sebelumnya saya  ingin menjelaskan apa itu PembaTIK? Mungkin sebagian sahabat blogger masih belum paham,  apa dan seperti apa itu PembaTIK, yang jelas bukan pekerjaan yang berhubungan dengan batik yah sahabat, he he he.

PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).

                                    Sumber:
https://simpatik.belajar.kemdikbud.go.id

Manfaat Mengikuti PembaTIK
  • Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini

  • Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional

  • Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Nah, sahabat guru, kegiatan PembaTIK ini banyak memberikan manfaat bagi kita khususnya yang berprofesi sebagai pendidik loh. Selain manfaat tersebut di atas, untuk mengikutinya juga gratis loh, apalagi dapat kesempatan untuk  mendapatkan ilmu yang sangat penting dari para narasumber ahli yang dikemas dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemdikbud.

Salah satu narasumber pakar yang memberikan ilmunya yang berkaitan dengan dunia penulisan yaitu Asma Nadia, sang novelist yang buku-bukunya menjadi best seller sekaligus telah diangkat dalam film layar lebar, seperti Surga yang tak dirindukan, dan Assalamualaikum Beijing.

Hari Rabu kemarin, tepatnya tanggal 16 September 2020, saya berkesempatan menerima materi beliau secara langsung melalui zoom. Materi yang diusung adalah tentang "Kiat Sukses Menyusun Penulisan yang Menarik". materi yang pas dengan tugas yang akan kami laksanakan sebagai finalist pembaTIK level 4 tahun 2020 Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Menurut Asma Nadia, menulis itu tidak sepenuhnya  memerlukan bakat, karena bagi dia sendiri saja tidak memiliki bakat menulis sama sekali, tetapi karena ada kemauan dan kerja keras semua menjadi mungkin. Menurut beberapa pendapat komposisi dalam menulis yaitu 5 % keberuntungan, 5 % bakat, dan sisanya adalah kerja keras (90%).

untuk lebih jelas penjelasan materi dari Asma Nadia, sahabat bisa tonton melalui you tube atau link berikut ini.

https://www.youtube.com/watch?v=M1g7OLJRi5k




Jadi, sahabat, masihkah kita ragu untuk menulis. Mulai dari sekarang hilangkan keraguan itu dan tatap masa depan kita, insyaallah suatu saat tulisan akan membawa kita sukses, dan semakin dikenal orang banyak.

Demikian artikel saya kali ini, jangan lupa memberikan komentar yang membangun, agar tulisan saya lebih baik ke depannya.

 Wasalam.

0 Response to "Sehari Bersama Asma Nadia"

Posting Komentar